Menghitung Ukuran Pemusatan Data Mean Median Dan Modus - Lengkap Dengan Visuals High Definition

3 Ukuran Pemusatan Data Mean Median Dan Modus - [PPTX Powerpoint]

Menghitung Ukuran Pemusatan Data Mean Median Dan Modus


-

Halo teman-teman,


Kita akan membahas bagaimana menghitung ukuran pemusatan data seperti mean, median, dan modus. Ukuran pemusatan data ini digunakan untuk menyajikan gambaran tentang sebaran nilai dari suatu kumpulan data. Kita akan fokus pada data numerik ya.


Mean atau Rata-rata


Mean adalah nilai rata-rata dari seluruh data yang ada. Rumus untuk menghitung mean adalah sebagai berikut:


Mean = jumlah seluruh data / jumlah observasi


Contoh: Misalkan kita memiliki data sebagai berikut:



  • 10

  • 15

  • 20

  • 25

  • 30


Jumlah seluruh data adalah 10 + 15 + 20 + 25 + 30 = 100. Jumlah observasi adalah 5. Maka:


Mean = 100 / 5 = 20


Jadi, mean dari data di atas adalah 20.


Median atau Nilai Tengah


Median adalah nilai tengah dari seluruh data yang sudah diurutkan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya. Jika jumlah data ganjil, maka median adalah nilai di tengah-tengah data. Jika jumlah data genap, maka median adalah rata-rata dari dua nilai tengah.


Jadi, jika kita memiliki data yang sama dengan contoh sebelumnya, kita akan mengurutkannya menjadi:



  • 10

  • 15

  • 20

  • 25

  • 30


Kita memiliki 5 data, yang berarti jumlah data ganjil. Maka:


Median = nilai tengah = 20


Jadi, median dari data di atas adalah 20.


Modus atau Nilai yang Paling Sering Muncul


Modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam seluruh data. Jika tidak ada nilai yang sama-sama sering muncul, maka tidak ada modus.


Contoh: Misalkan kita memiliki data sebagai berikut:



  • 10

  • 15

  • 20

  • 20

  • 25

  • 30

  • 30


Kita dapat melihat bahwa nilai 20 dan 30 masing-masing muncul 2 kali, lebih sering dibanding nilai lainnya. Maka:


Modus = 20 dan 30


Jadi, modus dari data di atas adalah 20 dan 30.


Kesimpulan


Dalam statistik, mean, median, dan modus digunakan sebagai ukuran pemusatan data. Mean adalah rata-rata dari seluruh data, median adalah nilai tengah dari data yang diurutkan, dan modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam data.


Selain ukuran pemusatan data, terdapat pula ukuran penyebaran data seperti deviasi standar, variansi, dan lain-lain untuk memberikan informasi lebih lengkap tentang kumpulan data.




‼️Video - 3 Ukuran Pemusatan Data Mean Median Dan Modus - [PPTX Powerpoint] 👇


Pertanyaan yang muncul dalam ujian praktikum khususnya adalah bagaimana cara menentukan ukuran pemusatan data. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menentukan ukuran pemusatan data, namun satu cara yang sangat umum yaitu yaitu dengan menggunakan mean,The mean is the sum-total of all the data values divided by the total number of values. In other words the mean is the average. With this definition in mind the term median may seem suspiciously similar. If we imagine a fence to divide the numbers into two halves so that there are equal numbers of data points on either side of the fence, then the data value to which the fence is closest is said to be the median. -

Menghitung Ukuran Pemusatan Mean Median Modus Dan Contoh Sains Seru
source:jevtonline.org

Menghitung Ukuran Pemusatan Mean Median Modus Dan Contoh Sains Seru


Perancangan alat saringan sistem sinusoid pulsed square base. Disamping menggunakan dua buah inverter (pengatur arus) juga digunakan dua buah generator lampu (digeneratoran oleh peralatan komputer dan MCU) pada level logik high hidupnya sinusoid pulsed square base. Design alarm clock using a two inverters, using two,All drugs have risks and benefits. Use this drug information to learn about the possible effects of using this drug, including risks and benefits. - Server: Apache
Summary: Blekinge Institute of Technology (BIT)

#Tags: #contoh soal dan pembahasan ukuran pemusatan data kelompok - soal kelasmu, #contoh soal contoh soal matematika bab mean | my xxx hot girl, #contoh data tunggal dan data kelompok - dunia sosial, #contoh soal mean median dan modus – berbagai contoh, #contoh soal matematika kelas 12 median - kumpulan contoh surat dan soal, #contoh soal mean median dan modus – berbagai contoh, #soal menghitung mean median modus kelas 5 : rumus statistika ukuran, #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru, #ukuran pemusatan dan letak data - youtube, #ukuran pemusatan data: mean, median, dan modus | matematika kelas 8, #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru, #rumus modus data tunggal - dunia sosial, #rumus menghitung mean, median, modus dari data tunggal dan data, #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru, #cara menghitung mean, median, dan modus - myrightspot.com, #menghitung ukuran pemusatan mean median modus dan contoh sains seru, #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru, #statistika – ukuran pemusatan data : mean , median, modus rumus dan, #cara menghitung mean, median, dan modus - myrightspot.com, #rumus mean, median, dan modus data kelompok | idschool, #contoh soal mean data tunggal dan berkelompok, #statistika - ukuran pemusatan data tunggal (mean, median, modus) - youtube, #cara menghitung mean, median, dan modus - myrightspot.com, #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru, #ukuran pemusatan data: mean, median, dan modus | matematika kelas 8, #ukuran pemusatan data: mean, median, dan modus | matematika kelas 8, #ukuran pemusatan data – aninpranidhana, #3 ukuran pemusatan data mean median dan modus - [pptx powerpoint], #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru, #rumus mean, median, dan modus data kelompok + contoh soal, #contoh soal mean median modus data tunggal dan penyelesaiannya - kunci, #3 ukuran pemusatan data mean median dan modus - [pptx powerpoint], #3 ukuran pemusatan data mean median dan modus - [pptx powerpoint], #3 ukuran pemusatan data mean median dan modus - [pptx powerpoint], #menghitung ukuran pemusatan: mean, median, modus dan contoh ~ sains seru,

Related post:

👉 [FULL] Why Do Youtube Shorts Get Cut Off - Complete With Visuals 480p!
👉 [VIDEO] Kuliah S1 Di Nanyang Technological University Dengan Asean Undergraduate Scholarship , Lengkap Dengan Videos 4K!
👉 Cara Akses Live Teaching Untuk Siswa , Berikut Penjelasannya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Complete] Grey Modern Farmhouse Living Room (2024) - This Is The Explanation!

[VIDEO] Youtube Desktop Thumbnail - This is the explanation!

Can I Monetize Youtube Shorts Without 1000 Subscribers (2023) - This Is The Explanation!